Posted by : Unknown
Sabtu, 26 Agustus 2017

Pengertian Konstruktor Dan Overloading


KONSTRUKTOR


Konstruktor adalah blok kode yang memungkinkan Anda untuk membuat sebuah objek dari kelas.
Ini juga bisa disebut menciptakan sebuah instance. Konstruktor BUKAN anggota suatu kelas seperti metode dan varibel, misalnya metode dapat memiliki nilai kembali (return)atau tidak (dianggap sebagai void). Didalam ada 3 jenis Konstruktor yaitu :

1. Konstructor default : Jika Anda tidak mendefinisikan Konstruktor apapun didalam kelas, Maka java akan otomatis membuatkan satu untuk Anda secara default. Konstruktor ini dikenal sebagai Konstruktor default. Anda tidak akan menemukannya dalam source code program Anda, contoh Konstruktor default pada kelas Demo
public Demo() 
{

}

2. no- arg konstruKtor : adalah konstruktor tanpa argumen, no-arg konstruktor hampir sama dengan constructor default, contoh constructor no- arg
class Demo {
publlic Demo() {
System.out.println("ini area Konstruktor");
}

}

3. Parameter Konstruktor : Konstruktor dengan argumen dikenal sebagai Konstruktor diparameterisasi. Bagaimana memanggil konstruktor ? Untuk memanggil konstruktor menggunakan kata kunci baru , diikuti dengan nama kelas , diikuti dengan parameter jika ada . Misalnya untuk membuat objek dari kelas Demo , Anda dapat memanggil konstruktor seperti ini :
new Demo()




OVERLOADING

Method yang mempunyai nama yang sama namun mempunyai parameter yang berbeda. Dalam oveloading harus sebuah method harus mempunyai parameter berbeda (baik tipe maupun jumlahnya). Tipe data nilai kembalian dapat berbeda atau sama.Merupakan pendukung sifat Polymorphisme. Dan semua method dapat di-overloading termasuk konstruktor. Dalam sebuah kelas diperbolehkan ada lebih dari satu method dengan nama yang sama dengan catatan methods dapat dibedakan berdasarkan banyaknya parameter atau tipe data parameter formal, contoh dibawah adalah 2 metode yang sama tetapi parameternya berbeda.

Contoh Overloading :

class Segitiga {

public Segitiga(double panjang) {

System.out.println(“\nVariabel = segitiganya sama sisi “);

System.out.println(“Panjang = “ +panjang);

Keliling(panjang);

Public Segitiga(double sisiMiring){

System.out.println(“\n2Variabel = segitiganya sama kaki”);

System.out.println(“Panjang = “ +panjang+ “sisi miring = “ +sisiMiring);

Keliling (panjang, sisiMiring);

0 komentar:

Copyright © 2012 Rekayasa Perangkat Lunak | Another Theme | Designed by Sri Handayani